Mobil Tesla Model 3, Punya Harga Termurah di Kalangannya - EVOTOMOTIF

Hot

Sunday 5 July 2020

Mobil Tesla Model 3, Punya Harga Termurah di Kalangannya

Mobl tesla model 3 2020
Tesla Model 3 - Harga Mobil Listrik ini merupakan yang termurah dari buatan Tesla, Inc. Walaupun memiliki harga yang paling murah, Tapi kecanggihan teknologi dan performanya tidak bisa diremehkan dari deretan mobil Tesla lainnya. Merupakan yang pertama kali mobil listrik Tesla masuk ke pasar Indonesia melalui dealer mobil Prestige Image Motors yang dimiliki Rudy Salim di Jakarta.

Tesla Model 3 mempunyai harga murah yang merupakan setengah dari harga mobil Tesla model S dan X. Ini lah yang menjadikan model 3 kebanjiran peminat di jalanan Amerika Serikat. Lebih dari 500.000 orang telah memesan mobil ini dan menjadi salah satu tujuan dari Elon Musk untuk membersihkan jalan raya dari mobil bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan. Tapi ini juga merupakan tantangan baginya karena harusmeningkatkan produksi menjadi 500.000 unit.

Gambaran Mobil

tesla model 3
Bagi mobil Listrik Tesla Model 3 ini 2020 merupakan tahun keempat setelah peluncurannya pertama kali di pasaran. Model 3 berhasil menjadi mobil listrik yang mewah, canggih, efisien, dan nyaman dikendarai dengan harga yang lumayan terjangkau. Sedan ini mampu memberikan pengalaman berkendara yang sulit ditemukan di mobil lain dengan beragam fiturnya.

Jika memesan mobil ini dari awal dan baru, Pembeli dapat memilih konfigurasi fitur maksimal apa yang diinginkan untuk mendapat kenyamanan terbaik. Sama seperti Tesla Model X dan Tesla Model S di mana tidak terdapat banyak perubahan yang dapat dilihat dari mobil ini jika kita melihatnya secara kasat mata. Tesla mengatakan lebih mengutamakan kinerja motor listrik yang efisien, pengisian daya yang lebih cepat, keamanan yang ditingkatkan, serta fasilitas pengendara mobil, dan sistem suspensi udara yang lebih adaptif.

Dari tahun pertama mobil ini diluncurkan, memang terdapat beberapa masalah kecil, baik sistem maupun di gigi. Tetapi sebagian besar masalah bersifat elektronik dan kemudian diselesaikan melalui pembaruan perangkat lunak. Tesla Model 3 2020 berbeda dari Model 3 generasi pertama dengan dilakukan pembaharuan pada bahan material kabin yang ditingkatkan dan opsi powertrain yang berbeda.

Mobil listrik Tesla Model 3 tahun 2020 mempunyai tiga varian berbeda, yaitu Standard Plus, Long Range, dan Performance yang mampu menempuh jarak lebih dari 400 Km saat baterai penuh. Kemampuan dalam percepatan dan kecetan maksimal sedan ini tidak perlu dipertanyakan lagi yang akan di bahas di bawah ini.

Eksterior Mobil

Sedan Tesla Model 3 2020 juga diberi lima warna identitas seperti pada model X. Pearl White Multi-Coat, Solid Black, Midnight Silver Metalic, Deep Blue Metalic, serta Red Multi-Coat. Semua warna tersebut dapat ditambahkan dengan membayar lebih sebesar $1.500 - $2.500 (sekitar Rp 21,5 - 36,3 Juta) kecuali warna Pearl White Multi-Coat yang telah include dalam pembelian dasar.
warna eksterior tesla model 3
Tesla Model 3 adalah cara paling murah untuk mendapatkan salah satu keajaiban teknologi di dalam mobil yang dikdarai. Sedan empat pintu yang ukurannya kira-kira sama dengan BMW 3-series. Spoiler belakang dengan serat karbon halus dan velg berukuran 20-inci untuk membuatnya terlihat lebih rendah, lebih lancip dan lebih sporty dan juga pastinya seluruh lampu menggunakan LED.

Interior Mobil

Dapat dikatakan bahwa Model 3 memiliki interior tidak seperti mobil lain di pasaran saat ini. Bagian dalamnya sangat sederhana yang elegan, dengan hampir semuanya dikendalikan oleh layar sentuh monolitik di tengah dashboard.

Lantai Tesla yang rendah dan rata membuat kesan lapang di dalam mobil. Kursi depan terasa lega dan nyaman, tetapi kursi belakang lebih sempit dan kurang nyaman. Sehingga jangan berharap orang yang bertubuh besar betah duduk di bagian belakang terlalu lama. Dengan desain interior yang telah disediakan berwarna hitam dan putih.
interior tesla model 3
Model kursi yang kaku karena lebih sedikit pengaturan pada bagian kepalanya yang sudah fix namun terdapat mode yang berfungsi sebagai penghangat. Pelipatan kursi bagian belakang bisa dilakukan mudah dan mampu memberikan kelonggaran untuk memuat barang-barang yang lebih besar. Model 3 menyediakan ruang yang cukup untuk 15 koper barang bawaan dan juga tempat sampah di seluruh kabin deppan maupun belakang.

Terdapat layar 15 Inchi dengan posisi horizontal yang berada di bagian tengah dasboard mobil.
fitur standar navigasi, bluetooth, dan konektivitas USB seperti mobil lainnya, tetapi tidak tersedia radio dengan mode AM. Mayoritas pengaturan di seluruh bagian mobil juga dapat diatur dari layar 15 Inchi tersebut. Atap kaca dari depan sampai belakang yang dapat memberikan kesan luas serta perlindungan berupa UV Protection.

Kinerja da Performa Mobil

kinerja performa tesla model 3
Tesla Model 3 2020 untuk varian Standard Range Plus hadir dengan penggerak Rear-Wheel Drive, Sedangkan untuk varian Long Range dan Performance hadir dengan menggunakan dua motor listrik di bagian depan dan belakang All-Whell Drive. Kendaraan ini mempunyai kemampuan roda dan brakes dengan suspensi yang rendah sehingga menjadikan model x lebih fleksibel di segala kondisi jalan.

Pemsangan spoiler serat karbon dapat meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi, sehingga memungkinkan Model 3 untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam sangat cepat. Untuk varian Standard Range Plus dapat berakselerasi dari kecepatan 0-100 Km per jam dalam waktu 5,6 detik dengan kecepatan maksimum 225 Km/jam.

Untuk varian Long Range mampu berakselerasi dari 0-100 Km per jam dalam waktu 4,6 detik dengan kecepatan maksimalnya 233 Km/jam. Sedangkan untuk varian yang paling tiggi Performance mampu menempuh kecepatan dari 0-100 Km per jam dengan hanya membutuhkan waktu 3,4 detik, lebih cepat dari Tesla Model S 100d dan kecepatan maksimal yang dapat diraih 261 Km/jam.

Seperti semua Tesla, Model 3 menempatkan baterainya di bawah lantai, menghasilkan pusat gravitasi yang rendah. Ini membantunya dalam berbelok tajam dengan stabil. Mempunya tiga pengaturan berbeda dalam berkemudi yang membantu dalam berbagai kondisi. Tidak terdengar suara mesin sehingga tenang saat mobil melaju pelan, namun dapat terdengar saat ban menderu dan membentur jalan yang tidak rata.

Kemampuan Baterai dan Daya Tempuh Mobil

Varian Standard Range Plus mempunyai kapasitas baterai 54 kWh dengan daya tempuh maksimal 402,3 Kilometer saat baterai terisi penuh. Sedangkan untuk Tesla Model 3 2020 dengan varian Long Range dan Performance mempunyai kapasitas baterai yang sama yaitu 79,5 kWH. Untuk daya tempuh dari varian Long Range mempunyai daya tempuh maksimal 518,2 Kilometer yang sama dengan varian Performance.

Model 3 menawarkan beberapa opsi berbeda untuk pengisian daya. Terdapat jaringan stasiun pengisian cepat Tesla yang disebut Superchargers, adaptor untuk stasiun pengisian umum DC, outlet 240 dan 120 volt, dan dapat diisi juga di rumah. Dengan pengisi daya Supercharger milik Tesla, hanya membutuhkan 15 menit untuk dapat melaju sejauh 200 Kilometer.

Fasilas dan Keamanan Mobil

safety sensor tesla model x
Tesla Model 3 mempunyai banyak fitur unggulan yang canggih dan itu semua yang Anda butuhkan untuk membantu keseharian Anda, dibalik harga murah dari kendaraan ini, terdapat beberapa fitur unggulan dan safety dari Tesla Model 3 seperti :
  • Autopilot
Fitur ini memanfaatkan banyak kamera, radar, dan sensor yang telah dipasang di sekitar mobil untu dapat mendeteksi objek, benda, orang, atau mobil lain yang berada di sekeliling Tesla Model 3. Dengan begitu mobil ini dapat mengemudi sendiri tanpa perlu sentuhan fisik dari pengemudi dan juga dapat berjalan sendiri seperti menggunakan valet.
  • All-Wheel Drive untuk varian Long Range dan Performance
Kemampuan dari penggerak mobil yang dapat memaksimalkan kinerja dari roda yang membutuhkan tenaga lebih sehingga lebih efisien.
  • Peringkat NHTSA terbaik
National Highway Traffic Safety Administration memberikan bintang lima dengan fitur keamanan utama meliputi : Automatic Emergency Braking, Active Cruise Control yang mampu menjaga jarak model 3 dari model yang diikuti di depannya, dan Lane Keeping Assist yang menjaga supaya mobil 3 tetap di garis jalur trek.

Harga Mobil

Di USA
  • Standard Range Plus : $37.990 ( Sekitar Rp 0,5 Miliar)
  • Long Range : $46.990 (Sekitar Rp 0,68 Miliar)
  • Performance : $54.990 (Sekitar Rp 0,796 Miliar)
Di Indonesia
  • Standard Range Plus : Sekitar Rp 1,4 Miliar
  • Long Range : Sekitar Rp 1,5 Miliar
  • Performance : Sekitar Rp 1,8 Miliar
Harga Mobil Tesla Model 3 tahun 2020 di atas merupakan haga off the road yang belum merupakan harga tambahan untuk berbagai jenis pajak. Varian Standard Range Plus, mempunyai harga termurah sekitar Rp 1,4 Miliar, dan adalah nilai terbaik. Dengan perkiraan jarak tempuh mengemudi sejauh 402,3 Km sudah cukup bagi kebanyakan orang, dan dilengkapi dengan kursi depan berpemanas dan navigasi lengkap.

Tapi jika ingin memiliki performa yang lebih tinggi cukup menambah beberapa ratus juta sudah mendapat varian Long Range dan Performance, tidak seperti Model S dan X yang perlu menambah lebih dari 1 Miliar untuk mendapatkan varian yang lebih tinggi. Ada juga keluaran baru Tesla Model Y yang belum keluar di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot